Selasa, 21 Oktober 2014

BIOPSIKOLOGI


Nama : Rizqi Bayumantari
NPM  : 19514738
Kelas  : 1PA13

 Assalamualaikum,

    lewat postingan ini, saya akan mencoba menjelaskan apa yang saya ketahui tentang Biopsikologi menurut berbagai sumber-sumber yang telah saya temui dan baca. ^_^

Ok, Let's begin.


Apa itu Biopsikologi ?


Biopsikologi adalah studi ilmiah tentang perilaku dengan menggunakan pendekatan Biologi, atau Biospikologi dapat dikatakan juga sebagai Psikobiologi, Biologi perilaku, atau neurosains perilaku dan Biopsikologi adalah cabang dari ilmu saraf.
   Namun, Pinel (2009) menyebutnya dengan istilah Biopsikologi, karena Biologi disini dijadikan pendekatan untuk studi tentang Psikologi, bukan sebaliknya, Psikologi dijadikan pendekatan studi tentang Biologi.

      Biopsychology, 9/E: John P.J. Pinel

  
Sejarah dan Perkembangan Biospikologi.
  •  Hingga abad ke-20, Biopsikologi masih belum berkembang menjadi disiplin ilmu saraf.
Donald O. Hebb (1904-1985)
  • Pada tahun 1949, seorang peneliti Psikologi bernama Donald.O Hebb menerbitkan tulisannya lewat bukunya yang berjudul "The Organization of Behavior" yang menjadi pencetus lahirnya Biopsikologi sebagai suatu disiplin ilmu.
  • Dalam bukunya, Hebb menciptakan teori komprehensif pertama tentang aktivitas kompleks seperti persepsi, emosi, pikiran, dan ingatan yang ditimbulkan karena aktivitas otak.
  • Hebb mendasarkan teorinya lewat eksperimen terhadap manusia dan hewan laboratorium.

Apa saja yang menjadi Objek kajian Biopsikologi ?

Objek kajian Biopsikologi adalah manusia dan Non-manusia.
, mengapa juga Non-manusia ? karena Otak dan perilaku objek non-manusia lebih sederhana dibandingkan dengan manusia, sehingga peluang untuk menemukan interaksi-interaksi fundamental antara perilaku dan otak jadi lebih mudah.
Objek non-manusia yang digunakan biasanya Tikus, kucing, anjing, dan Primata, karena spesies hewan-hewan tersebut dapat menerima instruksi dan melaporkan pengalaman subjektifnya.
dikarenakan adanya alasan-alasan etik dalam penelitian, manusia tidak dapat dijadikan objek untuk eksperimen.



Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon koreksinya apa bila ada kesalahan.

Semoga bermanfaat ^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar