Sabtu, 22 Juli 2017





 Peran Psikoterapi dalam Masyarakat
 
       Dunia mengalami perkembangan yang pesat dari waktumke waktu. Perkembangan terjadi pada berbagai aspek dalam kehidupan, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan lain sebagainya. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan memiliki andil dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan disaat yang bersamaan juga semakin kompleks. Dari sekian banyak macami ilmu pengetahuan yang terus mengalami perkembangan, salah satunya adalah Psikologi. Banyak sekali hasil temuan yang telah tereksplorasi dari Psikologi pada saat ini, baik dari segi teori maupun penerapannya.


       Perkembangan dari penerapan Psikologi salah satunya adalah Psikoterapi. Psikoterapi adalah suatu proses dimana masalah psikologis ditangani melalui komunikasi dan relasi antara individu dengan pihak yang memiliki keahlian dalam kesehatan mental (Psychcentral, 2016). 


      Kehidupan modern yang keras dan penuh persaingan akan memberikan banyak tekanan dan ketegangan jiwa (stres) pada masyarakat umum. Adanya kejadian-kejadian yang menambah beban kejiawaan, misalnya diberhentikan dari pekerjaan, perceraian, kematian keluarga yang dicintai, atau kehilangan barang kesayangan, semua ini akan menambag stres hingga melampaui daya tahan mental individu. Dengan demikian, akan timbul gangguan-gangguan psikis emosional yang antara lain; sedih yang berlebihan, ketakutan atau perasaan hampa, gangguan-gangguan pencernaan, sulit tidur (insomnia), dan lain-lain. Untuk menyembuhkan gangguan psikis tersebut, perlu dilakukan konsultasi dengan psikolog untuk menjalani psikoterapi (Hartono, 2017). 


       Psikoterapi memiliki peran yang penting dalam masyarakat saat ini. Banyak gangguan mental yang dipicu oleh lingkungan yang ada pada saat ini, contohnya seperti banyak media yang mempresentasikan seseorang dengan penampilan fisik yang menarik dan sempurna untuk suatu promosi. Hal ini menyebabkan munculnya anggapan bahwa orang-orang harus memiliki fisik yang sempurna itu agar menarik dan memiliki pandangan yang bias akan penampilannya saat ini, dan memunculkan perasaan tidak sempurna pada diri sendiri sekalipun individu tersebut sudah dikatakan memiliki fisik yang ideal. Gangguan ini dinamakan Body Dysmorphic Disorder (BDD), dimana individu memiliki pandangan yang bias akan penampilannya.  Psikoterapi memiliki peran dalam menangani kasus ini, yaitu Cognitive Behavioral Therapy (CBT), dimana terapis berusaha mengurangi pemikiran individu yang negatif akan penampilan dirinya dan perilaku kompulsifnya. 


        Masalah lain yang ada pada masyarakat saat ini adalah tingginya konsumsi rokok. Konsumsi rokok dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi yang mengkonsumsinya. Psikoterapi dapat menjadi solusi atas masalah ini. Psikoterapi yang dapat digunakan adalah  Positive Psychoterapi for Smoking Cessation. Positive Psychoterapy  bertujuan untuk meningkatakan afek positif (mood positif).



 Individu yang memiliki afek positif dapat diprediksi memiliki kesuksesan dalam usahanya untuk berhenti mengkonsumsi rokok. Dalam terapinya, terapis memberikan bebrapa manfaat yang akan didapat oleh klien apabila klien berhenti merokok dan menginstruksikan kepada klien agar melakukan latihan untuk mengembangkan perasaan, perilaku, dan pemikiran yang sehat.

      Jadi, Psikoterapi memiliki banyak peran dan manfaat untuk menjawab permasalahan dan mengatasi berbagai problema yang ada pada masyarakat saat ini. Psikoterapi berusaha untuk membantu individu mencapai apa yang menjadi tujuannya dan dapat mengembangkan potensi positif yang ada pada idnvidu. 

Nama : Rizqi Bayumantari
NPM : 19514738
Kelas : 3PA01

Referensi :

Hartono, LA. (2007). Stres dan stroke . Yogtakarta: Kanisius
https://psychcentral.com/lib/what-is-psychotherapy/
https://psychcentral.com/lib/demystifying-treatment-for-body-dysmorphic-disorder/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar