Sabtu, 22 Oktober 2016

Tugas Mata Kuliah Psikologi Manajemen
Komunikasi dan Peranan Psikologi Manajemen dengan Organisasi

1. Apa itu Komunikasi ?




Komunikasi adalah proses sosial dimana individu-indiviu menggunkan simbol-simbol untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna dalam lingkungan mereka. Jadi komunikasi adalah suatu bentuk interaksi sosial yang terjadi antara dua orang atau lebih. Komunikasi digunakan oleh orang-orang untuk mengungkapkan dan menunjukan suatu maksud yang hendak disampaikan sedang orang yang lain menerima lalu menginterpretasikan maksud dari orang pertama. 
 
Dimensi Komunikasi 

A.  isi
Isi merujuk pada konten yang menjadi bahan pembicaraan dua orang atau lebih, atau komunikasi yang terjadi lewat berbagai media, seperti media massa atau media internet. Dalam isi, terdapat arus informasi yang saling mempengaruhi antara individu.


B.  Kebisingan

Kebisingan adalah tingkat intesitas suara yang terjadi dalam komunikasi. Komunikasi dapat diungkapkan melalui berbagai frekuesnsi suara. Komunikasi dapat dilakukan tanpa suara seperti melalui isyarat tangan, gestur tubuh, atau ekspresi dan Komunikasi dapat pula terjadi melalui suara dengan frekuensi tinggi, seperti kelompok yang sedang berdemonstrasi atau pidato kepala negara dan komunikasi dengan frekuensi rendah seperti berbisik-bisik kepada teman disebelah kita.


C. Jaringan


Komunikasi dalam bentuk paling sederhana adalah komunikasi dua orang secara langsung. Namun dalam beberapa keadaan terkadang komunikasi tidak dapat dilakukan secara langsung. Misalkan, pegawai A ingin menemui pimpinan perusahaan, pegawai A tidak serta merta dapat langsung menghadap pimpinan paling atas, dengan demikian komunikasi harus malalui orang lain yang memiliki jabatan sebagai perantara antara atasan dengan pegawai, misalnya melalui HRD. HRD lalu meneruskan aspirasi pegawai untuk diteruskan hingga sampai pada pimpinan paling atas dari perusahaan.


D. Arah


Komunikasi dapat terjadi melalui satu dan dua arah. Komunikasi satu arah adalah adalah komunikasi yang terjadi dimana hanya satu pihak yang dapat memberikan suatu pesan atau informasi sedangkan pihak lain hanya dapat menerima saja. Contoh dari komunikasi satu arah adalah seseorang yang sedang menonton televisi atau acara berita di televisi. Penonton hanya dapat menerima informasi dan tidak bisa memberikan informasi kembali. Komunikasi dua arah adalah komunikasi dimana dua pihak dapat tukar menukar informasi secara langsung, misalnya obrolan dua orang, atau dua orang yang sedang berbalas SMS. 



2. Peranan Psikologi Manajemen dalam organisasi

Menurut Stoner, Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 



Hubungannya dengan Psikologi adalah, bahwa Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental. Sedangkan manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya. Proses tersebut sudah pasti melibatkan manusia sebagai pelakunya dan setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia dilatarbelakangi oleh proses mental. Proses mental seperti berpikir, mengingat, dan motivasi menentukan proses-proses perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan penggunaan sumber daya.
Psikologi manajemen berperan penting dalam proses yang berlangsung dalam kehidupan suatu organisasi. Tanpa mengetahui bagaimana menggunkan sumber daya yang ada, suatu organisasi akan berkerka lebih sulit dan tidak efisien dalam usahanya mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk itu perlu suatu ilmu untuk mengetahui bagaimana mengatur suber daya organisasi yang ada dan bagaimana menggunkannya, sehingga tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dapat dicapai dengan usaha organisasi yang lebih baik dan efisien. 

Nama : Rizki Bayumantari
NPM : 19514738
Kelas : 3PA01

Referensi

 Munandar, Ashar Sunyoto. 2008. Psikologi Industri dan Organisasi. UI-Press: Indonesia.
West, Richard, Lynn H. Turner. Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi. Edisi 3.  Salemba   Humanika : Jakarta
http://indryawati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/28361/Psikologi+Manajemen+Rini.ppt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar